Monday, June 23, 2008

Makanan Khas Jogja

Bakpia Patuk

Bakpia bakpia adalah camilan yang berbahan dasar kacang hijau, oleh-oleh dari Jogja. Tidaklah sulit menemukan makanan yang satu ini. Karena terkenalnya sebagai makanan khas Jogja, hampir setiap toko oleh-oleh yang tersebar di seluruh Jogja menawarkan bakpia sebagai oleh-oleh khas Jogja. Merek yang terkenal pun menjadi pilihan bagi para wisatawan yang tidak ingin terlalu pusing memilih.

Pusat bakpia ini sebenarnya tidak jauh dari jalan Maliboro? Bagi yang sudah sering ke Jogja, mungkin lokasi ini sudah menjadi lokasi kunjungan reguler saat berkunjung ke Jogja. Tapi buat yang belum, tidak akan sulit mencari daerah yang berada di sepanjang Jl. K.S Tubun ini.Daerah sentra pembuatan bakpia ini bernama Pathuk. Jangan salah dengan nama Pathuk yang merupakan daerah dataran tinggi di Gunungkidul, daerah Pathuk ini terletak di tengah-tengah kota Jogja. Bertanyalah kepada tukang becak, andong, dokar, dan juga taksi yang Anda temui, maka Anda akan diantar sampai ke tujuan dengan aman dan dijamin tidak akan dijahili mereka, karena masyarakat Jogja adalah masyarakat yang ramah.

Daerah sentra pembuatan bakpia ini bernama Pathuk. Jangan salah dengan daerah Pathuk yang terletak di Gunungkidul, daerah Pathuk ini terletak di tengah-tengah kota Jogja. Jika diantar oleh becak dan transportasi umum yang lain kecuali bis, besar kemungkinannya Anda akan diantar menuju toko yang sudah terkenal di jalan itu, atau mungkin toko yang dimiliki oleh teman atau saudaranya. Sebenarnya ada cara yang lebih menarik dan lebih dari sekedar datang ke suatu toko dan membeli oleh-oleh. Namun tentu saja cara ini hanya cocok bagi Anda yang mau menjadikan pencarian oleh-oleh sebagai petualangan.

Gudeg Jogja

Gudeg Jogja adalah makanan (sayur) yang merupakan makanan khas Jogja juga. Makanan ini terbuat dari bahan dasar nangka muda dan daging ayam, dan tentunya dengan bumbu-bumbu yang komplit hingga menjadikan makanan ini mempunyai rasa sangat nikmat. Gudeg sangat cocok jika disajikan dengan nasi putih hangat dan tempe atau tahu bacem sebagai lauknya, dan tidak ketinggalan pula secangkir teh poci, hemmmm...... ngiler deh aku......


1 komentar:

Varian Hermianto said...

Salam kenal, mungkin bisa share info oleh-oleh khas Jogja di link : http://www.katalogkota.com/pusat-oleh-oleh-khas-jogja-yogyakarta-cinderamata , mohon saran dan koreksinya jika berkenan, terima kasih....

Snap Shots

Get Free Shots from Snap.com

Followers